[Tips] Layar sentuh ponsel anda kotor? Seperti ini cara membersihkannya.

Diposting oleh Admin on Senin, 27 Mei 2013

sumber womenology
Ponsel merupakan salah satu unsur/elemen penting dalam dalam kehidupan manusia. Kita tidak bisa memungkiri bahwasannya memang dibutuhkan perawatan yang sangat hati-hati untuk merawat barang elektronik yang satu ini agar tetap dapat dipergunakan dalam jangka waktu yang lama. Nah, melihat kondisi teknologi seluler sekarang adalah sedang dalam masa-masa transisi dari era feature phone ke era smartphone. Tentu smartphone-smartphone yang banyak beredar sekarang mayoritas sudah didominasi oleh oleh ponsel-ponsel berbasis layar sentuh yang menitikberatkan layar sebagai pusat kendali operasi dari semua kegiatan seluler. Hal seperti ini lambat laun akan menjadi sangat fatal bila ada layar saja yang rusak, ponsel tersebut dapat dikatakan malfungsi atau tidak bisa dipakai lagi. Dan yang jelas pasti membutuhkan biaya yang cukup besar untuk mengganti sebuah layar smartphone. Pertanyaannya, siapa sih yang mau merusak ponselnya masing-masing? Nah, dalam konteks ini, kesadaran kita sebagai pengguna perangkat seluler memang harus ditingkatkan lagi agar tidak sampai terjadi kerusakan pada layar smartphone kita. Disini, saya akan mencoba membahas tentang bagaimana cara membersihkan layar sentuh ponsel secara baik dan benar. simak terus artikel ini ya.  

Goresan-goresan pada ponsel diatas memang merupakan akibat kelalaian si pengguna yang tidak bisa merawat kondisi ponselnya dengan baik. Tidak adanya leather case dan anti gores menjadi penyebab utama goresan pada sekeliling layar ponsel diatas. Tak heran bila dalam jangka waktu pemakaian yang lama maka akan berdampak buruk bagi layar yang kurang mendapatkan perlindungan dengan baik ini. Untuk mencegah hal yang semacam ini, saya akan mencoba memberikan sedikit tips untuk anda yang masih kesulitan dalam merawat layar sentuh pada ponsel anda.


A. Siapkan Beberapa lembar kain yang halus dan bersih, siapkan juga tisu bila diperlukan 
Peralatan yang disiapkan sebelum memulai membersihkan adalah kain berbahan microfiber atau biasa kita jumpai sebagai kain pembersih kacamata. Untuk alternatif lain, anda juga bisa memakai kain katun lembut dengan tekstur halus seperti kaos. Namun usahakan kain-kain tersebut telah bersih. Dalam hal ini, memang tidak terlalu banyak peralatan yang dibutuhkan karena kita hanya ingin membersihkan sekeliling permukaan dan layar ponsel tanpa membuka chasing ponsel anda. Bila ingin membersihkan bagian dalam, mungkin anda harus siapkan katenbat sebagai tambahan.   

sumber sonymobile
B. Pastikan anda mematikan ponsel anda sebelum membersihkan layarnya
Hal ini paling penting, karena ponsel termasuk barang elektronik yang sangat rawan kerusakan, maka paling tidak langkah ini perlu anda lakukan untuk sekedar meminimalisir segala kemungkinan terburuk. Layaknya manusia, ponsel juga terkadang membutuhkan waktu istirahat untuk membersihkan sekeliling 'badan'nya.

C. Bersihkan debu-debu yang menempel di sudut-sudut layar ponsel anda dengan kain
Langkah awal dari semuanya, mulailah untuk mengaplikasikan kain halus tadi secara perlahan ke sekeliling ponsel. Dan bila sudah mencapai ke wilayah layar, lakukan pembersihan secara detail untuk menjangkau debu-debu yang masuk ke sela-sela permukaan. Hal ini bertujuan untuk mencegah masuknya debu ke dalam layar, karena bila debu sudah masuk, maka akan sangat sulit untuk membersihkannya dan tentu akan ada resiko baru yang ditimbulkan. Himbauan saya, lakukan pembersihan secara lembut, jangan ada penekanan yang anda lakukan selama membersihkan daerah layar. Karena lapisan anti gores / screen guard yang terpasang bisa sewaktu-waktu mengelupas secara bertahap bila anda melakukan penekanan saat membersihkan. 

D. Pakailah cairan pembersih untuk memaksimalkan daya serap kain terhadap sisa-sisa debu yang masih menempel 
Dalam hal ini, anda bisa mempergunakan cairan pembersih layar laptop jika punya. Namun bila tidak, anda bisa gunakan baby oil/minyak bayi, bisa juga cairan antiseptik seperti dettol untuk membersihkan debu-debu yang tersisa di layar. Segera basahi kain anda dengan beberapa tetes cairan pembersih hingga merata. Usahakan jangan terlalu banyak karena cairan pembersih hanya digunakan untuk memaksimalkan daya serap kain terhadap sisa-sisa debu yang masih menempel saja.

E. Ulangi proses pembersihan secara menyeluruh pada bagian depan dan belakang ponsel
Ini adalah proses finishing, dimana proses pembersihan ini sudah mencapai 90%. Tugas anda sekarang adalah usapkan kembali kain yang sudah dibasahi cairan pembersih tadi ke seluruh permukaan ponsel, termasuk dalam sudut-sudut sempit di layar ponsel anda. Usapkan secara perlahan dan usahakan untuk meminimalisir penekanan pada saat proses pembersihan terakhir ini. Lakukan secara mendetail, karena ini adalah proses finishing. Bila dirasa sudah cukup bersih, diamkan dulu ponsel anda hingga 5-10 menit, kemudian silahkan nyalakan kembali ponsel anda seperti semula. Lakukan pembersihan minimal 1 minggu sekali agar ponsel anda menjadi ponsel yang terawat dan bebas dari kemungkinan kerusakan akibat pemakaian. 

Kenapa anda perlu melakukan perawatan terhadap ponsel yang anda miliki sekarang? Jawabannya simple saja, ponsel yang terlihat terawat dengan baik akan memiliki nilai jual yang tinggi. Jadi, sudahkah anda merawat ponsel anda sejauh ini?

Sumber dan Gambar (WikiHow) 

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar