Mengenal sosok 'HTC One' lebih jauh.

Diposting oleh Admin on Senin, 18 Maret 2013


Perkembangan ponsel pintar pada tahun ini memang sudah mulai memanas dengan diawali oleh dua perhelatan bergengsi tingkat Internasional yang telah usai yaitu CES 2013 (Consumer Electronic Show) pada bulan Januari lalu di Las Vegas, serta MWC 2013 (Mobile World Congress) yang baru saja usai akhir bulan Februari yang lalu di Barcelona. Tentu saja, antusiasme masyarakat dunia dalam menyambut acara-acara bergengsi ini pun bisa dibilang cukup baik, dan mereka cukup memberikan respon positif untuk kemajuan perkembangan ponsel nantinya. Tak bisa dipungkiri lagi, para perusahaan pengembang ponsel di dunia yang sudah malang melintang di industri ini telah ikut serta berpartisipasi dalam perhelatan bergengsi ini. Nah Kali ini, kita akan sedikit membahas tentang vendor asal negeri tirai bambu yang memang sedang 'on-fire' dalam memperkenalkan perangkat terbaru sekaligus yang menjadi andalan dari perusahaan ini. 

Siapa yang belum mengetahui kapasitas HTC yang telah memproduksi banyak ponsel pintar yang berguna dan bermanfaat bagi para pengguna di seluruh dunia?

Kali ini, HTC kembali datang mempersembahkan mahakarya mereka untuk bisa bersaing di belantika pasar global yang memang semakin hari semakin memanas karena para vendor besar lainnya sudah mulai meluncurkan perangkat-perangkat andalannya masing-masing seperti Sony, LG, dan Samsung. Untuk dapat berkompetisi dengan baik, saat ini HTC sedang mencoba mengambil simpati masyarakat dunia lewat perangkat andalannya yang bertajuk "HTC One". One adalah sebuah seri tunggal dari HTC yang memang sudah disiapkan secara khusus untuk membuka sekaligus menghadapi ketatnya persaingan ponsel pintar khususnya pada jangkauan kelas atas (high-end). 

Lalu, Apa saja yang menjadi kebanggaan dari seri HTC One ini?
Pada spesifikasinya, HTC One memiliki ukuran 137.4 x 68.2 x 9.3 mm (5.41 x 2.69 x 0.37 inch) yang juga termasuk dalam kategori ponsel pintar canggih dengan desain ramping dan mewah dengan balutan material alumunium di sekelilingnya. Mengutip dari website resmi HTC, Ponsel One ini sudah pasti akan menghadirkan teknologi terbaru untuk kualitas layarnya. Tidak terkecuali dengan sederet fitur pabrikan dari HTC yang siap menemani Perangkat One memasuki belantika Industri ponsel dunia khususnya Indonesia. Karena ini sebuah mahakarya, maka HTC tidak akan ragu-ragu untuk menumpahkan segala pengalaman terbaiknya di bidang pengembangan ponsel yang secara khusus telah didedikasikan untuk sebuah HTC One ini. Semakin pesatnya persaingan pada awal tahun ini telah membuat pihak HTC seolah termotivasi untuk lebih menghasilkan sebuah perangkat yang memang ditujukan untuk menjawab semua kebutuhan masyarakat akan kualitas ponsel pintar. Pada awal tahun yang lalu, Sony memang sengaja mengambil langkah tercepat untuk segera mengambil perhatian publik melalui dua ponsel andalan terbaru mereka yakni Xperia Z dan ZL. Namun sepertinya hal itu akan sedikit 'dihadang' oleh HTC yang sudah memperkenalkan perangkat One lebih cepat sebelum perhelatan MWC 2013 dimulai pada bulan Februari lalu. Banyak Operator-operator seluler di dunia sudah siap untuk bekerja sama dengan perangkat HTC One ini, namun beberapa diantanya masih belum memberikan kepastian yang jelas. 


Untuk hal tampilan, sudah jelas bahwa ponsel HTC ini memiliki spesifikasi yang cukup dapat bersaing di kelasnya. Hadir dengan mempersembahkan sebuah layanan antarmuka terbaru yang diberi nama HTC Sense 5, tentu saja hal ini menjadi sebuah performa sempurna yang diciptakan oleh perusahaan asal Cina itu dengan menerapkan sebuah layar berukuran 4.7-inci berteknologi Super LCD3 pada resolusi 1080*1920 pixel + ketajaman pixel hingga 469ppi pixel density. Jangan kaget terhadap perangkat HTC yang satu ini, karena sudah banyak perubahan yang diterapkan pada ponsel One. Kita ambil contoh dalam tampilannya, HTC lebih sering menerapkan fitur-fitur baru dalam hal tampilannya guna mempertahankan konsistensi kesuksesan dari ponsel HTC seri-seri sebelumnya. Ada fitur BlinkFeed yang memberi nuansa segar pada layar homescreen dan menu dengan kotak-kotak menu yang sangat interaktif dan bersahabat, Ada juga fitur HTC Zoe pada mode pengambilan Gambar baik dari kamera primer ataupun sekunder. Jangan lupa juga bahwa fitur HTC Zoe juga akan sangat meningkatkan kualitas gambar saat dilihat pada galeri. 


Baiklah, kita tinjau sedikit tentang perangkat keras. HTC One ternyata sudah diberikan manuver-manuver terbaik sepanjang karir HTC berkiprah di industri. Sebut saja sebuah prosesor Quad-Core berkekuatan 1.7Ghz Krait 300 yang sudah siap berkolaborasi dengan Chip pintar Qualcomm Snapdragon 600. Tentu perangkat keras diatas sudah akan dipasangkan dengan Sistem Operasi Android 4.1.2 Jelly Bean sejak awal kehadiran.

Dari sisi kamera pun juga tidak mau kalah, HTC telah menyiapkan sebuah kamera utama beresolusi 4MP+LED Flash. Jika anda bertanya mengapa hanya 4MP, mungkin semuanya juga sudah mempertanyakan. Untuk pertama kalinya dalam sejarah perkembangan ponsel pintar di dunia ini, saat sebuah ponsel pintar papan atas sedang berusaha memperkenalkan teknologi UltraPixel Camera yang hanya didedikasikan khusus oleh HTC kepada si pintar One ini. Mungkin masih terasa asing di telinga para pengguna ponsel di dunia apalagi di tanah air, tapi menurut informasi yang ada, konon fitur ini akan menjadi salah satu ujung tombak dari ponsel HTC pada generasi ini. 
Secara spesifikasi, kamera utama dari HTC One ini memang hanya sampai pada resolusi 4.3 MP, tapi Sedikit menjelaskan juga bahwa yang dimaksud  fitur UltraPixel Camera disini adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dalam skala pixel yang lebih tinggi, dengan kata lain dapat diartikan pengguna tsb dapat menambah ukuran pixel saat mode pengambilan gambar dengan kamera utama dari HTC One ini. 
Beralih ke sisi penyimpanan, HTC One sudah sangat siap bersaing dengan banyak kompetitornya di papan atas. Hal ini dibuktikan oleh perusahaan asal China itu dengan menyediakan sebuah ruang penyimpanan built-in sebesar 32/64GB sejak awal (tergantung pasar di tiap negara). Segudang fitur mewah tadi tentu saja akan dijalankan dengan rapih oleh dukungan RAM 2GB yang disediakan HTC untuk ponsel One.
Sebuah keputusan bijak bila anda memang sudah lama mempersiapkan budget anda untuk segera memiliki ponsel pintar seperti HTC One.
Menurut berita terbaru yang saya terima, ponsel HTC One ini ternyata sudah sampai di Jakarta pada hari Senin kemarin di Grand Office HTC Indonesia . Namun pihak HTC Indonesia masih enggan memberitahukan tentang kisaran harga yang akan dibanderol untuk ponsel HTC One di Tanah Air. 

Sumber (Mashable) 

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar